babi

Selasa, 18 Oktober 2011

Alternatif Solusi Parkiran Kampus di Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas swasta yang memiliki akreditasi baik di Indonesia. Sehingga tidak heran apabila universitas ini menerima banyak sekali mahasiswa baru setiap tahunnya. Dengan bertambahnya jumlah mahasiswa tersebut disetiap tahunnya, maka jumlah kendaraan bermotor yang memasuki kampus pun turut bertambah. Hal ini dikarenakan setiap mahasiswanya sebagian besar menggunakan kendaraan bermotor pribadi sebagai sarana transportasi menuju kampus.
Peningkatan jumlah kendaraan bermotor ini sering menimbulkan kemacetan baik dijam-jam istirahat maupun jam keluar kampus. Setiap tahunnya masalah kemacetan ini semakin bertambah karena mahasiswa baru yang diterima tidak berbanding lurus dengan mahasiswa yang lulus. Kemacetan pun tak bisa dihindarkan, terlebih lagi lokasi kampus sendiri yang memang berada di jalan-jalan yang rawan akan kemacetan itu sendiri.
Fasilitas akan ruang parkir pun terbilang kurang memadai untuk jumlah kendaraan yang memasuki area kampus. Maka, untuk mengurangi terjadinya kemacetan di area kampus, terdapat beberapa alternatif solusi yang dapat diaplikasikan pada area parkiran kampus Gunadarma, antara lain :
  1. Membedakan pintu masuk atau keluar bagi kendaraan berdasarnya jenisnya (mobil dan motor terpisah). Dengan berbedanya pintu masuk atau keluar bagi kendaraan, maka kemacetan yang ditimbulkan pun tidak akan sepadat apabila pintu masuk atau keluar digabungkan.
  2. Membuat gedung-gedung parkir agar dapat menampung seluruh kendaraan (khususnya motor). Pembuatan gedung-gedung parkir ini haruslah memperhatikan masalah sirkulasi kendaraannya (jalur masuk dan keluar kendaraan), agar tidak terjadi kemacetan di dalam gedung parkir itu sendiri.
  3. Membuat jalur tersendiri untuk motor (dari pintu masuk menuju parkiran). Dengan berbedanya jalur motor dengan jalur pejalan kaki dan mobil, maka tingkat kemacetan mulai dari dalam area kampus pun dapat diminimalisasikan.
Itulah beberapa solusi parkiran kampus di Universitas Gunadarma yang saya rasa dapat meminimalisir masalah kemacetan di area kampus dan sekitarnya. Semoga dapat menjadi masukan atau saran bagi pihak kampus, serta masalah kemacetan pun dapat segera teratasi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar