babi

Jumat, 30 September 2011

JADI MANAGER : MUNGKINKAH?


Banyak diantara kita yang mungkin akan merasa ragu saat ada yang menanyakan apakah mungkin untuk menjadi seorang manajer?? Mungkin banyak diantara kita yang tidak bisa ataupun ragu untuk menjawabnya, mungkin keraguan dalam menjawab hal itu disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya kepercayaan kepada diri kita sendiri bahwa kita mampu untuk melakukan hal tersebut.
Menjadi seorang manajer???...........


Gambar 1. Manajer, mungkinkah?
(sumber : www.google.com )

Tentu kita bisa. Semua pun bisa menjadi seorang manajer. Memang tidak terlihat semudah itu untuk bisa menjadi seorang manajer, tetapi juga tidak sesulit yang dibayangkan. Kita bisa mempelajari bagaimana cara untuk menjadi seorang manajer, serta apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menjadi seorang manajer.
Jika kita sudah mempelajari semua hal tentang bagaimana menjadi seorang manajer, jangan lupa tanamkan juga pada diri kita bahwa kita bisa menjadi seorang manajer. Jangan sampai saat kita ditantang untuk menjadi seorang manajer, kita merasa tidak bisa melakukan hal tersebut karena tidak adanya kepercayaan diri walaupun kita telah mengetahui bagaimana cara untuk menjadi seorang manajer.
Intinya adalah jika kita ingin menjadi apapun seperti yang kita inginkan (termasuk menjadi seorang manajer) kita harus terlebih dahulu yakin dan percaya kepada diri kita sendiri bahwa kita bisa dan mampu untuk melakukan hal tersebut dan tidak lupa juga disertai dengan usaha kita untuk mencapai hal tersebut.
Ada beberapa cara untuk dapat menjadi manajer yang baik, antara lain :
1.      Mulailah dengan senyum dan berbicara ramah dalam berhubungan dengan orang lain.
Tersenyumlah setiap saat pada setiap orang maka anda akan disukai. Cara pendekatan yang ramah, simpati, dan menghargai, ternyata merupakan cara yang berhasil dalam suatu negosiasi. Keramahan dan kelembutan selalu lebih kuat daripada kekuatan dan kemarahan.
2.      Hormati pendapat orang lain dan hindari menyalahkan dan mengkritik orang lain secara berlebihan.
Biarkan orang lain berbicara tentang diri mereka. Mereka lebih tahu banyak tentang urusan dan masalah mereka daripada anda. Karena semua orang merasa dirinya baik dan tidak salah. Tuhan menciptakan manusia tidak sempurna dan berbeda intelektualnya.
3.      Bangunkan motivasi orang lain untuk berhasil mencapai tujuan.
Berikan dorongan/reputasi yang baik untuk dipenuhi dan mereka akan berusaha sekuat tenaga agar anda tidak kecewa. Satu-satunya cara untuk mempengaruhi orang lain adalah berbicara tentang apa yang mereka inginkan dan tunjukkan kepada mereka bagaimana memperolehnya.
4.      Perhatian dan peduli terhadap kondisi dan masalah orang lain.
Rahasia sukses bergaul adalah melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain. Biasakan mengatakan pada diri sendiri, bagaimana rasanya, bagaimana saya bereaksi apabila saya dalam posisi sebagai orang lain yang mengalami suatu masalah/keadaan.
5.      Berani mengakui kesalahan sendiri sebelum menyalahkan orang lain.
Tatkala kita menyalahkan diri kita sendiri, maka mereka mengambil sikap murah hati dan bersimpati. Segeralah meminta maaf jika melakukan kesalahan. Kita tidak akan sakit hati mendengarkan orang mengkritik kesalahan kita apabila orang yang mengkritik tersebut memulai dengan mengakui bahwa ia jauh dari sempurna dan sering melakukan kesalahan yang sama.

Kesimpulan :
Setiap orang dapat menjadi seorang manajer jika mereka memiliki keinginan dan usaha untuk menggapainya. Segala permasalahan, tantangan, dan hambatan yang akan dihadapi akan dapat diselesaikan apabila seseorang tersebut memiliki kepercayaan diri akan dirinya sendiri bahwa mereka sanggup untuk melakukan apapun yang mereka inginkan.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar